pemrograman mesin cnc


Pengertian pemrograman
Untuk melaksanakan perintah jalanya alat potong guna mencapai tujuan yang diinginkan diperlukan pemrograman. Pengertian pemrograman adalah suatu urutan perintah yang disusun secara rinci setiap blok untuk memberikan masukan mesin perkakas CNC tentang apa yang harus dikerjakan.
Untukmenyusun suatu program pada mesin CNC diperlukan :
1.       Metode pemrograman
2.       Bahasa pemrograman

Metode pemrograman
Metode pemrograman yang biasa digunakan dalam pemesinan CNC adalah :
Metode inkremental
Adalah suatu metode pemrograman dimana titik refrensinya selalu berubah yaitu titik akhir menjadi titik refrensi baru untuk ukuran berikutnya.
Metode absolut
                Adalah  suatu metode pemrograman dimana titik refrensinya tetap, yaitu titik pertama dimulainya pemrogaraman, titik itulah yang dijadikan refrensi
Bahasa pemrograman
Bahasa pemrograman adalah format perintah dalam satu baris blok dengan menggunakan kode huruf, angka dan simbol. Mesin perkakas CNC mempunyai perangkat komputer yang disebut machine control unit (MCU), yakni suatu perangkat yang berfungsi menterjemahkan bahasa kode ke dalam bentuk gerakan persumbuan  sesuai bentuk benda kerja. Kode kode bahasa dalam mesin perkakas CNC dikenal dengan kode G dan M, kode kode ini sudah distandarkan oleh ISO atau badan internasional lainya. Dalam aplikasinya kode huruf, angka dan simbol pada mesin perkakas CNC bermacam macam tergantung sistim kontrol dan tipe mesin yang dipakai, tetapi pada prinsipnya sama. Sehingga untuk pengopersian mesin perkakas CNC dengan tipe berbeda tidak akan ada perbedaan yang berarti. Misal ; mesin perkakas CNC dengan sistem kontrol EMCO, kode kodenya dimasukan dalam standar DIN. Dengan bahas kode ini dapat berfungsi sebagai media komunikasi antara mesin operator, yakni untuk memberikan informasi data kepada mesin untuk dipahami. Untuk memasukkan data program ke mesin dapat dilakukan dengan keyboard atau perangkat lainya seperti (disket, kaset, atau dengan RS 232)
Fungsi kode :
1.       G00                =             gerak lurus tanpa penyayatan
2.       G01                =             gerak lurus dengan penyayatan
3.       M03               =             awal program
4.       M30               =             akhir program

6 Responses to pemrograman mesin cnc

  1. Program CNC ini untuk mengantur gerakan lengan robot ya, seperti di film ironman?

    Jam Tangan Unik Aneh Jarang Ada

  2. Unknown says:

    Kebanyakan liat film action 🤣

  3. Tommy says:

    Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

    Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.
    Untuk informasi bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
    WA=081310849918
    Terima kasih

  4. Mantabs artikelnya...
    lebih jelas tentang pemrograman CNC bisa lanjut baca dimari
    https://achmadarifin.com/pemrograman-cnc-g71-siklus-pembubutan-pengasaran

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.