Archive for Juni 2011

pemrograman mesin cnc


Pengertian pemrograman
Untuk melaksanakan perintah jalanya alat potong guna mencapai tujuan yang diinginkan diperlukan pemrograman. Pengertian pemrograman adalah suatu urutan perintah yang disusun secara rinci setiap blok untuk memberikan masukan mesin perkakas CNC tentang apa yang harus dikerjakan.
Untukmenyusun suatu program pada mesin CNC diperlukan :
1.       Metode pemrograman
2.       Bahasa pemrograman

Metode pemrograman
Metode pemrograman yang biasa digunakan dalam pemesinan CNC adalah :
Metode inkremental
Adalah suatu metode pemrograman dimana titik refrensinya selalu berubah yaitu titik akhir menjadi titik refrensi baru untuk ukuran berikutnya.
Metode absolut
                Adalah  suatu metode pemrograman dimana titik refrensinya tetap, yaitu titik pertama dimulainya pemrogaraman, titik itulah yang dijadikan refrensi
Bahasa pemrograman
Bahasa pemrograman adalah format perintah dalam satu baris blok dengan menggunakan kode huruf, angka dan simbol. Mesin perkakas CNC mempunyai perangkat komputer yang disebut machine control unit (MCU), yakni suatu perangkat yang berfungsi menterjemahkan bahasa kode ke dalam bentuk gerakan persumbuan  sesuai bentuk benda kerja. Kode kode bahasa dalam mesin perkakas CNC dikenal dengan kode G dan M, kode kode ini sudah distandarkan oleh ISO atau badan internasional lainya. Dalam aplikasinya kode huruf, angka dan simbol pada mesin perkakas CNC bermacam macam tergantung sistim kontrol dan tipe mesin yang dipakai, tetapi pada prinsipnya sama. Sehingga untuk pengopersian mesin perkakas CNC dengan tipe berbeda tidak akan ada perbedaan yang berarti. Misal ; mesin perkakas CNC dengan sistem kontrol EMCO, kode kodenya dimasukan dalam standar DIN. Dengan bahas kode ini dapat berfungsi sebagai media komunikasi antara mesin operator, yakni untuk memberikan informasi data kepada mesin untuk dipahami. Untuk memasukkan data program ke mesin dapat dilakukan dengan keyboard atau perangkat lainya seperti (disket, kaset, atau dengan RS 232)
Fungsi kode :
1.       G00                =             gerak lurus tanpa penyayatan
2.       G01                =             gerak lurus dengan penyayatan
3.       M03               =             awal program
4.       M30               =             akhir program

kecepatan potong



Pengertian kecepatan potong
Kecepatan potong adalah suatu harga yang diperlukan dalam menentukan kecepatan pada proses penyayatan atau pemotongan benda kerja. Harga kecepatan potong tersebut ditenyukan oleh jenis alat potong dan jenis benda kerja yang dipotong.
Rumus dasar untuk menentukan kecepatan potong adalah :


Keterangan :
Vs           =             kecepatan potong dalam m/menit
D             =             diameter pisau dalam mm
S              =             kecepatan penyayatan dalam mm/menit

Faktor yang mempengaruhi harga kecepatan potong :
1.       Bahan benda kerja/material
Semakin tinggi kekuatan bahan yang dipotong, maka harga kecepatan potong semakin kecil.
2.       Jenis alat potong
Semakin tinggi kekuatan alat potong maka harga kecepatan potong semakion besar
3.       Besarnya kecepatan penyayatan
Semakin besar jarak penyayatan maka kecepatan potong semakin kecil
4.       Kedalaman penyayatan

Jumlah putaran
Jika harga kecepatan potong benda kerja diketahui maka jumlah putaran sumbu utama dapat dihitung dengan ketentuan :
 kecepatan penyayatan (F)
rumus :


Keterangan =
N             =             jumlah putaran dalam menit
Fpt         =             feed per teeth dalam mm
Zn           =             jumlah gigi pisau

Contoh:
Diketahui pisau HSS shell endmill diameter 40mm, dengan jumlah gigi 6, dipergunakan menyayat besi St 36, kecepatan potong 25 m/menit, kecepatan per gigi (fpt) 0,02 mm. Ditanyakan  :
a.       Berapa jumlah putaran mesin?
b.      Berapa kecepatan penyayatan?
Jawab :


keselamatan kesehatan kerja



Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) adalah elemen penting yang tidak bisa lepas dari dunia industri saat ini, karena K3 berpengaru langsung terhadap kualitas produksi dan juga kualitas dari industri itu sendiri. Semakin berkualitas suatu industri mau tidak mau industri tersebut harus lebih meningkatkan K# pada prodksi setiap harinya. Bayangkan saja bila suatu industri besar setiap harinya ada karyawan yang tidak dapat bekerja karena buruknya kualitas K3 di industri tersebut, sudah berapa rupiah kerugian yang diderita industri tersebut. K3 menjadi wacana industri abad ini setelah ditemukanya teori teori yang representetif untuk mendukung K3 dalam dunia industri.
Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) merupakan aspek yang penting dalam aktivitas dunia industri. Relativitas kadar penting tidaknya akan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) ini tergantung pada seberapa besar pengaruhnya terhadap subjek dan objek itu sendiri.  K3 menjadi wacana industri abad ini setelah ditemukannya teori – teori yang representatif yang mendukung akan improvisasi dalam konteks keselamatan dan manajemen resiko yang muncul dalam kegiatan industri yang lebih luas.
Sebagai logika dasar tentang pentingnya pemahaman K3 dapat diilustrasikan dengan Historical perspective yaitu “Apabila seorang pembangun membangun sebuah rumah untuk seseorang dan tidak membuat konstruksi dan rumah yang ia bangun runtuh akan menyebabkan rumah tersebut rusak dan meninggal pemiliknya, ternyata pembangun bisa menyebabkan kematian”. Ini artinya bahwa dalam setiap aktivitas apapun selain perencanaan teknis fisik harus diperhatikan pula aspek – aspek keamanan yang terkait langsung  maupun tidak langsung.

Meskipun kemungkinan kecelakaan kerja tidak bisa diprediksi secara pasti akan tetapi setidaknya dengan program K3 membantu dalam menjamin peminimalisasian bahaya dan manajemen resiko. Hal ini sangat besar pengaruhnya terhadap dinamika industri.
Tujuan dari penerapan K3 dalam suatu industri adalah :
1.      Menerapkan peraturan pemerintah UUD 1945 pasal 27 ayat 2, UU No. 14 Tahun 1969 pasal 9 & 10 Tentang pokok – pokok Ketenagakerjaan, dan UU No. 1 Tahun 1970 Tentang keselematan kerja

2.      Menciptakan suatu sistem keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja dengan melibatkan unsur manjemen, tenaga kerja, kondisi dan lingkungan kerja yang terintregasi, dalam rangka mencegah dan mengurangi kecelakaan, dan penyakit akibat kerja, serta terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif (SMK3, pasal 2 ).

Sebelum tahun 1911, tentang keselamatan kerja dalam industri hampir tidak diperhatikan. Pekerja tidak dilindungi dengan hukum. Tidak ada santunan kecelakaan bagi pekerja. Bila terjadi kecelakaan, perusahaan menganggap bahwa kecelakaan itu :
1.    Disebabkan oleh kesalahan tenaga kerja (karyawan) sendiri.

2.    Disebabkan teman sekerja sehingga ia (pekerja) mengalami kecelakaan.

3.    Tanggungan pekerja, karena menganggap perusahaan merasa sudah membayar  maka resiko kecelakaan menjadi tanggungan pekerja.

4.    Karena pekerja mengalami kelalaian, sehingga terjadi kecelakaan.

Pada tahun 1908 di New York, dilakukan kompensasi pertama bagi pekerja yang mengalami kecelakaan. Setelah tahun 1911, pekerja mendapat kompensasi Penyakit Akibat Kerja (PAK). Bila disebabkan terkena panas (atmosphere) seharusnya panas dalam industri diberi pelindung (safety) dan inilah yang  menghasilkan dasar pemikiran mengenai perkembangan teknologi safety dan sanitasi industri.

Perkembangan terkini mengenai K3 sebagai integrasi dari ISO 9001 : 2000 (Quality) dan  ISO 14001 : 1996 (Enviromental) yang diterapkan diseluruh Negara didunia adalah dengan munculnya berbagai macam sistem keamanan dan keselamatan kerja yang disesuaikan dan diselaraskan dengan kebutuhan dan compatibility dari jenis dan lingkungan di industri masing – masing Negara tersebut, misalnya :

1.      NSC (USA)

2.      SAFETY MAP (Australia)

3.      SMK3 (Indonesia)

4.      British standard 8800 Guide to OH&SMS (Inggris)

5.      SGS Yarsley ICS & ISMOL ISA 2000 Requirements for S&HMS (Swiss)

6.      National Standard Authority of Ireland (Irlandia)

7.      Det Norske Veritas Standard for Certification of  OH&SMS (Holland)

8.      South African Bureau of Standard (Afrika Selatan)

9.      SIRIM QAS Sdn. Bhd. (Malaysia)

10.  OHSAS 18001 dsb.

Keselamatan (safety) adalah kemampuan untuk mengidentifikasikan dan menghilangkan/ mengontrol resiko yang tidak bisa diterima. Ketidakberterimaan awalnya berasal dari bahaya,. Bahaya adalah suatu keadaan yang berpotensi untuk terjadinya kecelakaan dan kerugian.

Potensi bahaya dapat berasal dari mesin – mesin, pesawat, alat kerja, dan bahan – bahan serta energi, dari lingkungan kerja, sifat pekerjaan dan proses produksi yang beresiko akan munculnya bahaya. Faktor – faktor sumber bahaya adalah :

1.         Faktor fisik

2.         Faktor kimia

3.         Faktor biologi

4.         Faktor fisiologi

5.         Faktor psikologi

Resiko adalah kesempatan untuk terjadinya kecelakaan atau kerugian, juga kemungkinan dari akibat dan kemungkinan bahaya tertentu. Sumber – sumber resiko adalah:


1.      Perubahan

2.      Produk

3.      Kekayaan dan bahan baku

4.      Prosedur dan aktivitas proses

5.      Teknologi dan peralatan

6.      Personel

7.      Tempat kerja dan lingkungan

8.      Lingkungan alam, keadaan iklim

9.      Eksternal/pihak – pihak yang terkait


            Keselamatan ini mencakup akan semua aspek, bisa melalui Manusia, Metode, Mesin   (alat), atau Lingkungan. Untuk keselamatan, manusia dibekali dengan pengetahuan tentang perlengkapan dalam kegiatan kerjanya dengan melalui intruksi kerja aman atau Prosedur standar. Metode yang representative dan compatible juga mampu mendatangkan keselamatan.

            Sedangkan mesin (alat) memerlukan suatu aksesoris khusus dalam menunjang kerjanya  agar mampu beroperasi secara aman tanpa mengurangi fungsi aslinya dengan  sedikit sentuhan teknologi tidak menutup kemungkinan alat penunjang tersebut dalam keadaan tertentu bisa sangat penting sekali eksistensinya, ini dapat kita maksudkan dengan Alat Pelindung Diri (Personal Protective Equipment) yang diselaraskan dengan fungsi dan jenis bahaya yang sudah disarankan penggunaannya yang efektif . Untuk lingkungan tergantumg pada pengaturan tata letak dan fungsi dalam manajemen yang efektif dan efisien.

        Kesehatan (Health) adalah  derajat/tingkat keadaan fisik dan spikologi individu. Kesehatan ini sangat besar sekali andilnya dalam hal keselamatan dan kecelakaan kerja. Ini dikaitkan dengan kondisi fisiologis dari manusia, seperti contoh :

1.         Ketidakseimbangan fisik/kemampuan fisik tenaga kerja, antara lain :

· Tidak sesuai berat badan, kekuatan dan jangkauan.

· Posisi tubuh yang dapat menyebabkan mudah lemah

· Kepekaan tubuh

· Kepekaan panca indera terhadap bunyi

· Cacat fisik

· Cacat sementara

2.         Ketidakseimbangan kemampuan psikologis tenaga kerja, antara lain :


· Rasa takut / phobia

· Gangguan emosional

· Sakit jiwa

· Tingkat kecakapan

· Tidak mampu memahami

· Sedikit ide (pendapat)

· Gerakannya lamban

· Ketrampilan kurang.


3.         Stres mental, antara lain :


· Emosi berlebihan

· Beban mental berlebihan

· Pendiam dan tertutup

· Problem sesuatu yang tidak dipahami

· Frustasi

· Sakit mental


4.               Stres Fisik, antara lain :


· Badan sakit ( tidak sehat badan )


· Beban tugas berlebihan

· Kurang istirahat

· Kelelahan sensori

· Terpapar bahan

· Terpapar panas yang tinggi

· Kekurangan oksigen

· Gerakan terganggu

· Gula darah menurun

   Gangguan – gangguan kesehatan akibat reaksi fisikokimia (terbakar, luka, terkena bahan kimia, dsb.) dalam industri sangat sering kali terjadi dan penyumbang paling banyak dalam catatan kecelakaan kerja ini menuntut suatu transformasi teknologi klompementer yang aman dan ramah lingkungan.

Kecelakaan (Accident) adalah kejadian yang tidak diinginkan yang dapat mengakibatkan, luka pada manusia, kerusakan harta benda, kerugian pada proses atau terjadinya kontak dengan suatu benda atau sumber tenaga yang lebih dari daya tahan tubuh atau struktur. Kecelakaan ini dibedakan menjadi

1.      Lost Time Injure (LTI) yaitu Cidera yang mengakibatkan hilangnya waktu kerja.

2.      Restricted Duties Injure (RDI) yaitu Cidera yang mengakibatkan Kerja menjadi terbatas.

3.      Medical Treatment Injure (MTI) yaitu Cidera yang memerlukan bantuan petugas kesehatan )

4.      First Aid Injure (FAI) yaitu Cidera yang memerlukan P3K

Ini dapat dituangkan dalam suatu piramida mengenai stratifikasi cidera yang sering muncul dalam kegiatan industri sesuai dengan teori K3 dibawah ini :

1

10

30

600

Cacat / cidera serius

Cidera tanpa cacat

Kerusakan harta benda

Insiden tanpa cidera atau kerugian yang tampak

Teori Frank E. Bird Peterson

Kecelakaan ini semuanya menimbulkan kerugian yang tidak diinginkan, antara lain:

1.       Kerugian Ekonomis


· Kerusakan bahan dan mesin

      Tangible

      Intangible

· Hari kerja yang hilang

      Hilang pendapatan

      Gangguan usaha

      Gangguan suplay

      Kenaikan premi

      Kontrak buruh/mesin

      Kehilangan keuntungan atas barang jadi

      Biaya pemulihan kepercayaan

· Biaya pengobatan

      Status asuransi

      Asuransi kecelakaan pribadi

      Biaya pemulihan

      Biaya tak diasuransikan


2.       Kerugian Non Ekonomis


· Penderitaan fisik

      Sakit

      Cidera

      Cacat Permanen

      Efek kesehatan jangka panjang

      Kematian

· Klaim atas kepercayaan

      Kepercayaan atas produk

      Kepercayaan professional

      Kepercayaan pekerja

      Klaim yang timbul akibat hubungan industrial

· Konsekwensi kehilangan

      Hilang waktu

      Hilang kepercayaan

      Hilang kemerdekaan

      Hilang percaya diri

      Gangguan kehidupan

      Perubahan kebahagiaan

· Rasa tidak aman


Ini telah dijabarkan dan direfleksikan dalam suatu teori Iceberg seperti dibawah ini:


$ 1

$ 5 to $ 50

$ 1 to $ 3



·  Biaya – biaya yang diasuransikan :

      Perawatan medis

      Ganti rugi


·  Biaya yang tidak diasuransikan

      Kerusakan gedung

      Kerusakan peralatan produksi

      Pembelian peralatan P3K



·  Biaya lain – lain

      Gaji yang dikeluarkan pada “ waktu hilang “

      Biaya lembur

      Waktu penyelidikan kecelakaan

      Citra buruk perusahaan


Kejadian (Incident) adalah peristiwa yang menimbulkan terjadinya suatu kecelakaan atau berpotensi terhadap terjadinya suatu kecelakaan. Insiden dibedakan menjadi :

1.      Near Miss, yaitu kejadian yang dapat menyebabkan cidera.

2.      Kerusakan property, yaitu kejadian ysng dapat menyebabkan kerusakan alat.

3.      Kerusakan Lingkungan, yaitu kejadian yang menyebabkan kerusakan pada lingkungan kerja

Insiden terjadi saat energi yang tidak bisa dikendalikan, menciptakan stress pada suatu struktur ( barang atau orang ) yang lebih besar daripada yang bisa ditanggungnya.                 ( William Haddon ).

Dari 75.000 insiden industri dapat diintregasikan dalam suatu persentase sebagai berikut

· 98% dari insiden itu bisa dicegah

· 88% darinya diakibatkan tindakan tidak aman yang dilakukan orang.

· 10% darinya akibat kondisi fisik atau mekanis yang berbahaya.

· 2% tidak bisa ditentukan (Herbert Heinrich ):

Metode yang paling bernilai dalam pencegahan kecelakaan adalah analog dengan metoda yang dibutuhkan untuk pengendalian mutu, biaya, dan kualitas produksi tidak menitik beratkan berapa santunan yang layak diberikan kepada pekerja agar kecelakaan dapat dikurangi. (H.W. Heinrich, 1931) ini dikenal dengan teori domino.

Pengendalian resiko kecelakaan kerja dapat dilakukan dengan berbagai metoda, yaitu:

1.      Teknis

· Eliminasi : penghilangan sumber bahaya

· Subtitusi : mengganti dengan bahan yang kurang berbahaya

· Isolasi : proses kerja yang berbahaya disendirikan

· Enclosing : mengurung / memagari sumber bahaya

· Ventilasi

· Maintenance

2.      Administratif


· Monitoring lingkungan kerja

· Pendidikan dan pelatihan

· Labelling

· Pemeriksaan kesehatan

· Rotasi kerja

· Housekeeping: 5S

· Sanitasi yang bersih, mandi, fasilitas kesehatan.


3.      Alat pelindung diri


· Topi pengaman

· Pelindung telinga

· Face shield

· Masker

· Respirator

· Sarung tangan

· Sepatu


Usaha pencegahan kecelakaan kerja hanya berhasil apabila dimulai dari memperbaiki manajemen tentang keselamatan dan kesehatan kerja. Kemudian, praktek dan kondisi dibawah standar merupakan gejala penyebab terjadinya suatu kecelakaan  dan merupakan gejala penyebab  utama akibat kesalahan manajemen. (Frank E. Bird Peterson) ini dikenal dengan teori manajemen.

UJI TARIK BAHAN

















Uji trik banyak dilakukan untuk melengkapi informasi rancangan kekuatan suatu bahan dan sebagai data pendukung bagi spesifikasi bahan (dieter, 1987). Pada uji tarik, benda uji diberi beban gaya tarik sesumbu yang bertambah secara kontinyu, bersamaan dengan itu, dilakukan pengamatan terhadap perpanjangan yang dialami benda uji (davis, troxell, dan wiskocil, 1955). Kurva tegangan regangan rekayasa diperolrh dari pengukuran perpanjangan benda uji.
Tegangan  yang dipergunakan pada kurva adalah teganganmembujur rata-rata dari pengujian tarik yang diperoleh dengan membagi beban dengan luas awal penampang melintang benda uji
Regangan yang digunakan untuk kurva tegangan adalah regangan linier rata-rata, yang diperoleh dengan membagi perpanjangan ukur (gage length) benda uji, delta L, dengan panjang awalnya.





Pada waktu menetapkan regangan harus diperhatikan :
1.       Pada baja yang luanak sebelum patah terjadi (oengecilan penampang) yang besar.
2.       Regangan terbesar terjadi pada tempat patahan tersebut, sedangkan pada kedua ujung benda uji paling sedikit meregang

Hubungan antara tegangan tarik dengan kekerasan brinell
Kekuatan tarik dan kekerasan merupakan indikator ketahanan logam terhadap deformasi plastis. Konsekuensinya adalah terdapat korelasi secara kasar untuk kekuatan tarik sebagai fungsi kekerasan brinell untuk besi tuang, baja, dan kuningan.

Diberdayakan oleh Blogger.